Selamat Datang!

Selamat Datang dan terima kasih saya ucapkan kepada pengunjung blog sederhana saya ini! Blog saya isinya singkat saja, jadi tidak ada penjelasan lebih lanjut tentang informasi yang saya buat. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan kata

Rabu, 16 Januari 2013

About Futsal Shoes


1.) BAGIAN-BAGIAN SEPATU FUTSAL
1.Outsole,alas sepatu
2. Midsole, pinggiran outsole
3. Insole, ada di dasar sepatu bagian dalam
4. Lace, tali sepatu
5. Lining, bagian dalam sepatu yg menghubungkan upper dgn bagian dalam
6. Upper, seluruh bagian luar sepatu (tdk termasuk sol dan lace)

2.) JENIS-JENIS SEPATU FUTSAL
1. Speed, dari namanya saja sudah ketahuan kalau sepatu ini untuk meningkatkan speed kalian. Biasanya sepatu speed sangat ringan, uppernya tipis, mulus, dan gak neko-neko (gak kayak sepatu lainnya yg banyak jahitannya, dll) contoh sepatu : adidas f50 dan nike mercurial. Sepatu ini cocok dipakai oleh sayap, striker, dan pemain yang mengandalkan kecepatan.

2. Power, sepatu ini dirancang untuk memberikan efek "ajaib" pada tendangan kita. Sepatu ini dapat meningkatkan power dan akurasi tendangan kita. Biasanya sepatu ini lebih berat dari yang lain. Tapi demi kenyamanan, berat sepatu ini terus dikurangi seiring perkembangan teknologi. Contoh sepatu : adidas predator dan nike t90 (gambar diatas adalah nike t90). Sepatu ini cocok dipakai oleh striker dan pemain yang mengandalkan shooting jarak jauh macam Gerrard, Lampard, Beckham, dll.

3. Heritage, sepatu ini adalah sepatu "jadul". Eittss, hanya desainnya saja yang jadul, tetapi teknologinya tetap tidak ketinggalan dari sepatu-sepatu lainnya. Lalu apa keunggulan dari sepatu ini? Kenyamanan adalah jawabannya. Dan sepatu ini juga terbilang serbaguna karena sepatu ini menunjang power, speed, dan kontrol walaupun masih kalah dengan spesialisnya. Sepatu ini juga tidak jadul-jadul amat karena dari apparelnya sendiri terus diperbagus. Pokoknya ciri-ciri sepatu ini desainnya simple. Contoh sepatu : adidas adipure dan nike tiempo. Cocok dipakai semua pemain tapi lebih pas untuk gelandang.

4. Control, jenis ini merupakan jenis terbaru. Biasanya sepatu ini ada tonjolannya di bagian-bagian tertentu untuk memberikan kontrol bola yang sempurna. Sepatu ini juga lumayan ringan walau tak seringan sepatu speed. Contoh sepatu : adidas predator lethal zones dan nike ctr360. Cocok dipakai gelandang, playmaker, dan pemain yang sering menerima bola atau sering mengumpan.

3.) GRADE PADA SEPATU.
Mungkin kalian masih bingung tentang adidas f50, f30, dll. Atau mungkin t90 laser, strike, shoot, dll. Itu yang dinamakan GRADE atau tingkatan kualitas. Kalian juga mungkin heran mengapa tidak ada adidas f50 futsal. Karena sepatu topgrade (kualitas terbaik) biasanya hanya ada versi sepatu bola saja! Jika ada f50 futsal, saya berani jamin itu 1000% palsu! Tapi karena saya hanya mengerti nike dan adidas, saya hanya akan memberikan informasi dari sepatu ini saja.

Grade pada sepatu adidas :
F50, seri terbarunya adiZero f50 miCoach II
1. Adidas f50, hanya ada versi bola, harga sekitar 2jt
2. Adidas f30, bola saja, harga sekitar 1jt
3. Adidas f10, futsal dan bola ada, harga sekitar 800rb
4. Adidas f5, futsal dan bola, harga sekitar 500rb

Predator, seri terbarunya lethal zones II
1. Adidas predator, bola sesuai nama jenis terbarunya, sekarang berarti namanya adidas predator lethal zone
2. Adidas predator absolion, bola saja, harga sekitar 1jt (hrga yg adidas pre lz sekitar 2jt)
3. Adidas predator absolado, bola dan futsal, sekitar 700rb
4. Adidas predator predito, sekitar 400rb

adiPURE, seri terbarunya 11pro
1. Adidas adiPURE, bola saja, sekitar 2jt
2. Adidas adiCORE bola saja, sekitar 1jt
3. Adidas adiNOVA bola n futsal, sekitar 800rb
4. Adidas adiQUESTRA bola n futsal, sekitar 500rb

Adisala (Sepatu khusus futsal dari adidas)
1. Adidas topsala, sekitar 700rb
2. Adidas supersala, sekitar 500rb
3. Adidas jaerinha sala, sekitar 400rb

Untuk semua sepatu bola adidas punya seri khusus bernama seri SUPER LIGHT, yaitu bahan uppernya diganti menjadi sangat ringan dan warnanya lebih keren!

Grade pada sepatu nike :
Mercurial, versi terbarunya nike mercurial vapor IX, seri spesialnya mercurial vapor superfly
1. Nike mercurial vapor, bola saja, sekitar 2jt
2. Nike mercurial miracle, bola saja, 1.5jt keatas
3. Nike mercurial veloce, bola saja, sekitar 1jt
4. Nike mercurial glide, bola n futsal rumput sintetik, 1jt kebawah
5. Nike mercurial victory, bola n futsal, sekitar 600rb
6. Nike mercurial vortex, futsal saja, sekitar 300rb keatas

T90, versi terbarunya nike t90 laser IV
1. Nike T90 Laser, bola saja, sekitar 2jt
2. Nike T90 Strike, bola saja, sekitar 1jt
3. Nike T90 Shoot, bola n futsal, sekitar 800rb
4. Nike T90 Exacto, bola n futsal, sekitar 600rb kebawah

CTR360, versi terbarunya ctr360 maestri III
1. Nike Ctr360 Maestri, bola saja, sekitar 2jt
2. Nike Ctr360 Trequartisa, bola saja, sekitar 1jt
3. Nike Ctr360 Libretto, bola dan futsal, sekitar 700rb
4. Nike Ctr360 Enganche, bola n futsal, sekitar 400rb

Tiempo, versi terbarunya tiempo legend iv
1. Nike Tiempo Legend, bola saja, sekitar 2jt
2. Nike Tiempo Flight, bola saja, sekitar 1jt
3. Nike Tiempo Mystic, bola n futsal, sekitar 800rb
4. Nike Tiempo Natural, bola n futsal, sekitar 600rb
5. Nike Tiempo Rio,bola n futsal, 400rb kebawah

Elastico dan Bomba (seri sepatu khusus futsal nike, elastico untuk futsal ubin, bomba untuk futsal rumput)
1. Nike Elastico/Bomba finale, 1,5jt
2. Nike Elastico/Bomba pro, 800rb
3. Nike Elastico/Bomba, 600rb

Untuk semua sepatu bola nike kecuali mercurial memiliki seri khusus yaitu ELITE VERSION yang memiliki warna yang lebih keren!

4.) SOL PADA SETIAP SEPATU
Mungkin jika kalian sering lihat2 sepatu di website resminya, mis adidas, pasti kalian akan menemukan nama Adidas adizero f50 micoach TRX FG. Mungkin kalian bingung apa itu TRX dan FG?. TRX adalah singkatan dari TRAXION yang merupakan teknologi adidas. Teknologi ini membuat keseimbangan dan pelepasan kaki di lapangan menjadi lebih baik. Dan apa itu FG? Inilah dia :
1. FG/Firm Ground
Firm Ground adalah sol sepatu untuk lapangan yang kondisinya normal, tidak terlalu keras dan lembek. Cocok dipakai saat kondisi tidak panas dan hujan.

2. SG/Soft Ground
Soft Ground adalah sol sepatu khusus untuk lapangan lembek atau lebih tepatnya becek/basah. Cocok dipakai saat hujan

3. HG/Hard Ground
Hard Ground adalah sol sepatu untuk lapangan yang keras. Cocok dipakai saat cuaca panas dan sangat cocok untuk lapangan di Indonesia

4. AG/Artifical Ground
AG adalah sol sepatu khusus untuk lapangan rumput sintetis (bukan futsal!). Sol ini biasanya berbahan lebih lembek dan menyerupai sol sepatu futsal rumput sintetis. Sangat tidak dianjurkan pakai sepatu ini di lapangan Indonesia.

6. IN/Indoor
Indoor adalah sol sepatu khusus lapangan indoor/futsal. Lapangan futsalnya yang ubin, bukan rumput.

7. AT/Astro Turf
Sebenarnya AT sama saja dengan AG. Namun AT untuk lapangan futsal, AG untuk lapangan bola

5.) BAHAN-BAHAN UPPER SEPATU
1. Leather/Kulit. Bahan terbaik untuk sepatu bola maupun futsal. Kulit terbaik adalah kulit kanguru. Tetapi karena diprotes oleh pencinta binatang, bahan ini ditinggalkan dan diganti dengan Kanga Lite, yaitu bahan kulit kanguru sintetis. Bahan kulit kangguru memiliki keunggulan lebih kuat dan lentur.

2.Synthetic/Sintetis. Bahan no. 2. Bahan ini sekarang banyak digunakan mengingat bahan kulit telah dikecam. Bahan sintetis terbaik adalah kanga lite. Bahan ini juga tak kalah dari kulit. Bahan ini memiliki keunggulan lebih mudah dicuci, lebih mudah diberi teknologi dan lebih enteng. Kekurangannya adalah bahan ini lebih kaku daripada bahan kain dan kulit

3. Kain. Bahan ini biasanya digunakan pada sepatu futsal jenis sala (kayak specs, adidas sala, nike elastico gitu deh). Keunggulannya ringan, mudah menyerap keringat, dan mudah mengeluarkan panas. Kekurangannya mungkin tidak terlalu bagus untuk control.

6.) TIPS MEMILIH SEPATU SESUAI POSISI
Mungkin kalian ingin benar-benar menjadi bek, gelandang, atau striker yang hebat. Skill saja tidak cukup untuk itu. Kondisi lapangan, stamina, kenyamanan jersey, cuaca, dll sangat berpengaruh terhadap performa kita. Sepatu juga berperan penting dalam hal itu. Inilah sepatu yg dianjurkan untuk posisi :
1. Kiper
Sepatu Kontrol, heritage. Sebenarnya tidak terlalu penting tetapi sepatu untuk kiper harus bisa melakukan tolakan yang bagus karena itu akan meningkatkan lompatan. Tidak terlalu dianjurkan sepatu speed.

2. Center Back/Bek Tengah
Sama seperti kiper.

3. Fullback/Bek Sayap
Heritage dan speed. Sebenarnya semua juga boleh namun karena tugas utama sayap adalah sprint, ya sepatunya harus mendukung dong! Nike Mercurial cocok untuk posisi ini

4. Gelandang Bertahan
Heritage dan control. Nike tiempo dan Nike Ctr360 cocok untuk posisi ini.

5. Gelandang Serang
Control, speed, dan power. Sebenarnya speed tidak terlalu dianjurkan. Tapi karena gelandang serang naik turun jadinya speed juga boleh. Adidas predator lethal zones dan Nike Ctr360 sangat cocok untuk ini.

6. Gelandang Sayap
Speed dan akurasi. Akurasi sebenarnya termasuk dalam sepatu power. Mercurial cocok untuk ini. Tapi jika sering melakukan crossing, sepatu yang tepat adalah adidas predator lethal zones.

7. Playmaker
Karena playmaker sekarang tidak selalu gelandang serang, Adidas predator lethal zones, Nike Ctr360, dan Nike Tiempo cocok untuk ini.

8. Second Striker/Penyerang bayangan
Tergantung, jika permainan kalian seperti messi yg mengandalkan gocekan, f50 adalah jawaban yang tepat. Jika kalian lebih sering mengumpan kepada striker, predator LZlah jawabannya.

9. Winger/Penyerang sayap.
Sama seperti gelandang sayap. Mercurial dan f50 sangat cocok

10. Striker/Penyerang tunggal/tengah/Target Man
Sepatu power tentunya sangat dianjurkan untuk ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Entri Populer